ide bekal anak

Ide Bekal Anak: Menu Sehat dan Praktis

Menghadapi rutinitas harian anak di sekolah sering kali membuat orang tua berpikir keras tentang apa yang harus dimasukkan ke dalam bekal. Di sinilah pentingnya mencari ide bekal yang praktis, menarik, sehat dan juga bergizi bagi anak-anak kita. Menu bekal tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Tetapi, bisa juga menjadi penyemangat bagi anak untuk belajar dan segala aktifitas yang lainnya. Karena memikirkan menu atau ide bekal anak setiap harinya membuat orang tua bingung dan pusing. Untuk menyiapkan menu yang bervariasi dan berbeda setiap harinya dibutuhkan kreatifitas orangtua dan juga bisa jadi salah satu kesulitan. Nah mari kita bahas berbagai ide bekal anak yang mudah dan sehat!

1. Bekal Sehat dengan Sandwich Kreatif

Sandwich adalah pilihan klasik yang bisa divariasikan. Dengan menggunakan roti gandum, kamu bisa membuat sandwich yang kaya serat. Berikut ini adalah beberapa ide bekal anak yang menggunakan roti dan campuran lainnya :

a. Sandwich Sayuran dan Daging

Kombinasikan sayuran segar seperti selada, tomat, dan mentimun dengan daging ayam panggang atau tuna. Tambahkan saus mayo atau mustard untuk rasa yang lebih nikmat.

b. Roti Lapis Keju dan Buah

Siapkan roti lapis dengan keju dan tambahkan irisan buah seperti apel atau pisang. Ini adalah cara yang lezat untuk memberikan protein dan vitamin pada anak.

2. Pilihan Bekal Praktis: Nasi dan Lauk

Menu nasi juga bisa jadi pilihan utama untuk jadi bekal anak. Dengan cara yang kreatif, nasi dapat disajikan dalam berbagai bentuk dan lauk yang menarik.

a. Nasi Bento

Nasi bento adalah cara menarik untuk menyajikan nasi dengan berbagai lauk. Kamu bisa menambahkan potongan ayam goreng, telur dadar, dan sayuran. Susun semua bahan yang telah dimasak ke dalam kotak bento dan agar tampak menarik, dan anak menjadi lahap untuk memakannya.

b. Nasi Goreng Mini

Siapkan nasi goreng dengan sayuran dan telur. Bungkus dalam daun pisang atau dalam wadah kecil untuk menjadikannya bekal yang praktis dan lezat.

3. Camilan Sehat sebagai Pelengkap

Selain menu utama, jangan lupakan camilan. karena Terkadang sebagian anak lebih mau memakan cemilan daripada makanan utama karena gizi bagi anak sangat vital untuk perkembangan dan tumbuh kembang. Berikut adalah beberapa ide bekal anak untuk camilan sehat bagi anak:

a. Buah Potong

Siapkan potongan buah segar seperti semangka, mangga, atau anggur. Menu Bekal Buah-buahan ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

b. Snack Kacang

Kacang-kacangan seperti almond atau kacang tanah bisa menjadi sumber protein yang baik. Karena kandungan kacang yang baik untuk anak. Bunda bisa menyediakan dalam wadah kecil agar anak bisa mengambilnya saat lapar.

4. Minuman Segar yang Menyegarkan

a. Smoothie Sehat

Buatlah smoothie dari yogurt, susu, dan buah-buahan. Kamu bisa mengemasnya dalam botol kecil untuk memudahkan anak membawanya.

b. Infused Water

Infus air dengan potongan buah seperti lemon, jeruk, atau mentimun. Infused Water ini juga menyegarkan. Karena dapat menambah cita rasa pada air dan menjadi sumber energi tambahan bagi anak.

5. Tips Menyiapkan Bekal Anak yang Praktis

Menyiapkan bekal untuk anak tidak harus rumit. Berikut adalah beberapa tips simple dan praktis untuk membuat bekal anak jadi lebih mudah dan gampang :

a. Rencanakan Menu Mingguan

Dengan merencanakan menu untuk satu minggu, kamu bisa menghemat waktu dan menghindari kebingungan saat menyiapkan bekal.

b. Libatkan Anak dalam Proses

Ajak anak untuk memilih makanan yang mereka suka. Dengan melibatkan mereka, mereka akan lebih bersemangat untuk membawa bekal yang telah disiapkan.

c. Gunakan Wadah Menarik

Pilih wadah bekal dengan desain yang menarik atau warna cerah. Ini bisa meningkatkan semangat anak untuk membawa bekal.

Nah Mencari ide bekal anak yang sehat dan menarik tidaklah sulit. Dengan beberapa kreasi sederhana, kamu bisa menyediakan makanan yang bergizi dan lezat. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bahan dan menu. Ingatlah, bekal yang baik akan membantu anakmu tumbuh sehat dan bersemangat dalam menjalani aktivitas di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Foodie, dalam menyiapkan bekal untuk si kecil!

Tinggalkan Balasan